STKIP PGRI Sumatera Barat, Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP) serta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa selenggarakan Seminar Internasional berbahasa Indonesia


Kegitan ini merupakan seminar internasional pertama prodi dalam rangka Bulan Bahasa dan Ulang Tahun Prodi BASINDO yang ke-10. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama STKIP PGRI Sumatera Barat, Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP) serta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 

Pemakalah dan peserta dari kegiatan ini terdiri dari   Malaysia, Thailand, dan Timor Leste serta 34 institusi lainnya dari Indonesia  dalam kegiatan seminar internasional dengan tema International Seminar on Language, Literature, and Education (ISELL-ED) melalui Zoom pada Kamis, (29/10) Seminar internasional berbahasa Indonesia sesuai dengan Perpres tentang pemakaian Bahasa Indonesia di forum internasional. Kegiatan ini dihadiri sekitar 164 orang. 

Wahyudi Rahmat, M.Hum., akrab disapa Mas Wahyu ini memoderatori kegiatan kali ini. Beliau mengatakan bahwa seminar ini bertujuan untuk membangun nuansa akademis, meningkatkan publikasi dan menjalan amanah pendidikan tentang guru dan dosen. 

"Seminar kita ini adalah seminar internasional berbahasa Indonesia suatu program dari PPJB-SIP yang dikenal dengan KITA (Konferensi Internasional Terpada Asosiasi) dengan kampus yang mau menyelenggarakan seminar internasional. Seminar ini bertujuan untuk membangun nuansa akademis, meningkatkan publikasi dan menjalan amanah pendidikan tentang guru dan dosen. Oleh sebab itu, kegiatan ini dapat berlangsung dengan semestinya." Kata Mas Wahyu. 

Pembicara dari kegiatan ini ialah Ku-Ares Tawandorloh dari Fatoni University (Thailand), Ariff bin Mohamad dari Universiti Pendidikan Sultan Idris (Malaysia), Kundharu Saddhono dari Universitas Sebelas Maret (Indonesia), Indrya Mulyaningsih dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon (Indonesia), Sultan dari Universitas Negeri Makassar (Indonesia), dan Yulia Sri Hartati dari STKIP PGRI Sumatera Barat (Indonesia).

Saat ditanya harapan dari kegiatan  ini, Mas Wahyu mengatakan semakin baik dan berkontribusi. 

"Semakin harum, semakin maju, semakin baik dan semakin berkontribusi bagi keilmuan, prodi, institusi dan masyarakat" Tutup Mas Wahyu. (30/Okt/2020)

(*Nila) (https://medika.stkip-pgri-sumbar.ac.id/read/2020/10/prodi-pendidikan-bahasa-dan-sastra-indonesia-adakan-seminar-internasional-pertama)